PPDB

Di akhir semester genap, tidak hanya anak SMA saja yang dihadapkan seleksi masuk universitas, tetapi anak SMP juga sedang mempersiapkan diri menghadapi PPDB alias Penerimaan Peserta Didik Baru. Masa PPDB bisa dikatakan sebagai masa paling pelik karena menimbulkan banyak kegalauan dalam memilih sekolah dan dampaknya terhadap rencana jangka panjang para siswa SMA. Alasannya, apalagi kalau bukan dilema memilih sekolah “Unggulan”?

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sekolah, yaitu ….

  1. Sekolah di SMA/sederajat unggulan atau tidak, sama-sama bisa sukses

Masing-masing sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan, semua kembali lagi ke siswanya. Yaps, kamu lah yang bisa memilih mana yang terbaik dan sesuai untukmu. Jika kamu yakin sekolah tersebut cocok dan akan memberi nilai positif untukmu, maka berusalah agar bisa masuk ke sana.

  1. Sama-sama punya kesempatan masuk PTN atau perguruan tinggi lainnya

Tidak kalah dengan SMA Negeri, SMA Muhammadiyah juga setiap tahunnya ada siswa yang diterima di PTN melalui jalur SNMPTN. Untuk tahun pelajaran 2021/2022 ini ada yang dinyatakan diterima di UNDIP (Program studi Fisika dan Peternakan), dan di UNNES (Program studi Pendidikan IPS dan Ilmu Keolahragaan).

Selain jalur SNMPTN, masih ada jalan lain masuk PTN yaitu jalur SBMPTN dan Ujian Mandiri lho. Di situlah kesempatan seluruh peserta dari berbagai sekolah bisa dikatakan sama, dan yang mendapatkan hasil terbaik lah yang akan dinyatakan lolos. Lebih jauh lagi, kamu juga bisa masuk perguruan tinggi swasta atau kampus luar negeri. Siswa SMA Muhammadiyah juga ada loh yang diterima di Albukhary International University, Malaysia melalui jalur beasiswa Cendekia BAZNAS.

Intinya, siswa sekolah negeri dan siswa sekolah swasta sama-sama bisa sukses. Karena faktor yang paling menentukan adalah diri sendiri.

Komentar