SOSOK KARTINI INDONESIA MASA KINI

R.A KARTINI

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. R.A Kartini merupakan anak dari Raden Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah. Kartini meninggal dunia pada 17 September 1904 di usia 25 tahun. Beliau meninggal karena kondisi fisiknya memburuk usai melahirkan putra pertamanya, Soesalit Djojoadhiningrat. Kartini dimakamkan di tempat tinggal suaminya yaitu Kabupaten Rembang.

Dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964, Presiden Sukarno menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Sukarno juga menetapkan hari lahir Kartini, 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini sampai sekarang. Peringatan Hari Kartini bertujuan memperingati dan menghormati perjuangannya dalam mewujudkan kesetaraan khususnya dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Perayaan tersebut juga mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender.

Kini, di abad 21 telah muncul sosok Kartini lain yang juga menginpirasi banyak wanita lainnya di Indonesia. Sosok Kartini tersebut lebih di identifikasikan sebagai seorang perempuan yang berkarya,bekerja keras, mau belajar banyak hal, bisa memposisikan dirinya di lingkungan sekitarnya. Selain itu, sosok Kartini masa kini adalah sosok perempuan yang senantiasa merasa optimis dan selalu menebarkan positive vibes di lingkungan sekitarnya.

HARI KARTINI

Salah satu sosok Kartini masa kini yang menginspirasi tersebut adalah guru. Perempuan yang berjuang di bidang pendidikan. Perempuan yang berjuang mencerdaskan anak bangsa dan mendidik moral anak bangsa lebih baik lagi kedepannya. Pada tanggal 21 April 2022, SMA Muhammadiyah Kudus ikut memperingati Hari Kartini. Para Ibu Guru memakai kebaya, busana khas R.A Kartini semasa beliau hidup.

Dedikasi yang guru berikan membutuhkan waktu lama. Sebelum menjadi guru mereka telah belajar banyak pun saat menjadi banyak hal yang bisa dipelajari. Perilaku dan sifat setiap anak mengajarkan sesuatu yang berarti. Guru sebagai salah satu sosok Kartini masa kini. Guru sebagai pahlawan yang sangat berjasa bagi pendidikan Indonesia. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

Tags :  

Komentar