Siswa SMA Muhammadiyah Kudus diterima SNMPTN dan SPAN-PTKIN 2022

Jum`at, 15 April 2022 merupakan hari yang ditunggu oleh siswa terutama bagi pendaftar SPAN-PTKIN. Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2022 telah diumumkan pukul 14.00 melalui web https://pengumuman.span-ptkin.ac.id. Sekitar dua ratus ribu siswa yang mendaftar, hanya 73.944 siswa yang dinyatakan lulus, diantaranya siswa dari SMA Muhammadiyah Kudus.

SPAN PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis. Lolosnya siswa SMA Muhammadiyah Kudus pada SPAN-PTKIN tahun 2022, hal ini membuktikan bahwa SMA Muhammadiyah Kudus mampu bersaing pada seleksi nasional terutama di bidang akademik.

Siswa yang dinyatakan lulus SPAN-PTKIN dari SMA Muhammadiyah Kudus adalah Novia Adhimas Saputry diterima di Pemikiran Politik Islam Institut Agama Islam Negeri Kudus, Ameilia Haryani diterima di Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Garneta Malva Marsha diterima di Pemikiran Politik Islam Institut Agama Islam Negeri Kudus, Muhammad Ilka Adhim Al Fatih diterima di Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, dan Amin Hidayat diterima di Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Tidak hanya SPAN-PTKIN, bulan Maret lalu beberapa siswa SMA Muhammadiyah Kudus juga lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Melalui metode penjaringan yang sama yakni nilai rapor dan prestasi tanpa tes tertulis. Beberapa siswa yang lolos SNMPTN 2022 diantaranya adalah Muhammad Noor Furqon diterima di Pendidikan IPS Universitas Negeri Semarang, Hasnaa Khoirun Nisa diterima di Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, Faizal Maulana Hadi diterima di Jurusan Peternakan Universitas Diponegoro, Agung Wicaksono diterima di Jurusan Fisika Universitas Diponegoro.

Siswa yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi penjaringan masuk perguruan tinggi SNMPTN maupun SPAN-PTKIN, diharapkan mampu menjadi motivasi untuk siswa kelas 11 maupun kelas 10 saat ini. Dengan begitu, maka lulusan SMA Muhammadiyah Kudus akan semakin diperhitungkan dalam seleksi perguruan tinggi pada tahun berikutnya.

Komentar