HALAL BIHALAL DAN PERINGATAN HARI KARTINI

Kudus – Pada hari Senin, 9 Mei 2022, SMA Muhammadiyah Kudus mengadakan berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini sendiri diperingati setiap tanggal 21 April, namun karena tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Ujian Sekolah siswa kelas XII, maka SMA Muhammadiyah Kudus baru dapat memperingati Hari Kartini setelah libur Idul Fitri 1443 H.

Kegiatan Peringatan Hari Kartini diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan Halal Bihalal antar guru, karyawan, dan seluruh siswa di halaman sekolah. Setelah kegiatan Halal Bihalal, para siswa baru melaksanakan berbagai lomba. Peringatan Hari Kartini tahun ini SMA Muhammadiyah dan PR IPM SMA Muhammadiyah mengadakan dua lomba yang menarik, yaitu komba fashion show dan lomba musikalisasi puisi. Kegiatan tersebut juga sesuai dengan tema lomba, yakni Memaknai Semangat Kartini dalam Mewujudkan Pelajar Kreatif dan Semangat Berkarya di Era Modernisasi. Lomba tersebut diikuti oleh semua siswa kelas X dan XI dengan mengirimkan perwakilan dari masing-masing kelasnya. Siswa yang tidak mengikuti lomba juga ikut berpartisipasi untuk memberikan semangat dan menjadi suporter untuk teman-temannya.

Tujuan kegiatan lomba tersebut adalah untuk memperingati hari bersejarah dalam lembaran Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Selain itu, memperingati Hari Kartini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi siswa, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar siswa. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meneladani suri tauladan RA Kartini dan diharapkan semua siswa bisa menjiwai dan maknai semangat perjuangan Kartini.

"Seperti kita ketahui, hari Kartini merupakan momentum peringatan atas perjuangan pahlawan perempuan Jawa, R.A Kartini bagi kaum perempuan Indonesia. Ia dikenal sebagai pahlawan yang bekerja keras untuk memperjuangkan kesetaraan gender, sehingga kaum perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata. Berkat perjuangan itu pula, sosok Kartini menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia, khususnya dalam mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang sederajat dengan kaum laki-laki. Mari menjadi wanita-wanita penerus yang kuat dan tangguh seperti Kartini", kata Bu Vidia.

"Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada siswa yang telah bekerja keras sehingga kegiatan lomba yang dipusatkan di halaman sekolah tersebut dapat berjalan lancar. Sebagai anak bangsa, kita tidak boleh melupakan sejarah. Memperingati hari sejarah seperti Hari Kartini ini, diharapkan dapat mengantarkan wanita Indonesia menjadi lebih maju, bersama kaum  lelaki mengisi pembangunan ini”, tambah Bu Vidia.

    

    

Komentar