LULUSAN SMA MUHAMMADIYAH KUDUS SIAP BERSAING

LULUSAN SMA MUHAMMADIYAH KUDUS SIAP BERSAING

 

Pada perpisahan kelas 12 salah satu acara adalah pembacaan lulusan yang sudah diterima di perguruan tinggi. Sebanyak 36 dari 160 siswa telah diterima di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.

Jumlah lulusan yang melanjutkan di perguruan tinggi diperkirakan akan bertambah. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang masih berlangsung, mulai tanggal 17 Mei sampai tanggal 3 Juni 2022. Beberapa siswa SMA Muhammadiyah Kudus juga mengikuti tes tersebut.

Menurut Baharuddin selaku guru Bimbingan konseling (BK), “proses seleksi masuk perguruan tinggi ada tiga jalur”. Jalur pertama, melalui seleksi Raport tanpa tes. Jalur ini, sudah dilaksanakan sebelum Ujian Sekolah. Pada jalur Raport, siswa hanya mengirimkan prestasi dan nilai raport dari semester 1-semester 5. Syarat mengikuti jalur raport adalah siswa kelas 12, memiliki prestasi unggul, ditunjukkan dengan mengunggah raport dan portofolio prestasi yang dimiliki oleh siswa. Melalui jalur Raport tanpa tes, SMA Muhammadiyah Kudus berhasil lolos 3 siswa di jurusan yang mereka pilih. Jalur Kedua, melalui jalur tes atau UTBK. Pelaksanaannya dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, untuk universitas-universitas negeri. Jalur ketiga, melalui tes mandiri yang diadakan universitas masing-masing.

Pemilihan universitas dan jurusan dilakukan oleh siswa dengan bantuan guru BK. Guru BK memberi saran berdasarkan nilai raport dan minat siswa. “Selain itu, kami juga minta siswa untuk mendikusikan dengan orang tua sebelum memilih universitas dan jurusan”, tutur Baharuddin.

Hampir 25% lulusan SMA Muhammadiyah Kudus tahun 2022 sudah menentukan ingin melanjutkan belajar di perguruan tinggi. Lulusan SMA Muhammadiyah Kudus siap bersaing dalam dunia Pendidikan.

Komentar