Pengajian Maulid Nabi, Meneladani sikap Nabi sebagai Instrospeksi diri

Kudus- Hari Kelahiran Nabi Muhammad adalah salah satu moment penting bagi umat Islam. Bertepatan dengan 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Dinamakan tahun Gajah karena pada saat itu Pasukan penunggang Gajah dari Raja Abrahah berupaya menghancurkan Ka'bah. Maka sebagai pengingatnya disebut tahun Gajah.
Peringatan Maulid nabi Muhammad juga dilaksanakan SMA Muhammadiyah Kudus yakni, tanggal 29 September 2023 bertepatan dengan 14 Rabiul awal 1445 H, dengan Tema Keteladanan Akhlaq Nabi Muhammad SAW sebagai landasan Meraih Prestasi, Pembicara adalah Ustad Abdul Wakhid, S.Pd.I.


Acara dibuka dengan kegiatan praacara yang diisi dengan nyanyian sholawat serta lagu populer islami. Acara dilanjutkan dengan pembukaan yang dibawakan oleh pembawa Acara ananda Hikma Rizchika Mulyono siswa kelas XI.
Acara Pengajian Maulid Nabi menjadi kesempatan bagi peserta didik SMA Muhammadiyah Kudus untuk mempelajari lebih jauh tentang kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW.


Banyak sikap nabi yang bisa diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah tidak pendendam, disebutkan oleh salah seorang peserta didik ketika ditanya oleh Ustad Wakhid tentang teladan sikap nabi.
Dikisahkan oleh Ustad Abdul Wakhid, nabi setiap hari diganggu oleh seseorang hampir setiap hari. Namun, ketika ada satu hari Nabi tidak diganggu oleh orang tersebut nabi kemudian mencarinya bahkan mengkhawatirkannya. Itu adalah salah satu kisah atau sikap nabi yang bisa jadikan bahan instrospeksi diri.
Selain meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, masih terdapat banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk merealisasikan makna Maulid Nabi dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar