ASAH BAKAT SISWA: DIBUKA 3 KELAS VOKASI DI SMA MUHAMMADIYAH KUDUS

sumber: lingkar:pendidikan desa

 

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah berkomitmen untuk mengadakan kelas vokasi sebagai sarana siswa untuk mandiri dan memiliki ketrampilan khusus setelah lulus sekolah. kepala sekolah SMA Muhammadiyah Edy Kusmanto menyampaikan bahwa sudah dilakukan evaluasi, ternyata tidak semua siswa lulusan SMA memiliki kesempatan untuk langsung melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga diharapkan adanya kelas vokasi ini bisa memberikan peluang usaha sendiri bagi siswa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan tinggi.

“program ini baru dilaksanan oleh peserta didik kelas 10, ketika peserta didik baru mendaftar ke SMA Muhammadiyah Kudus diberi pilihan ingin ikut kelas regular atau vokasi, lalu pilih kelas vokasi tata rias, tata boga atau desain grafis. Pelaksanaan Vokasi baru kelas 10, nanti berlanjut di kelas 11 juga, sedangkan saat kelas 12 nanti fokus ke akademik untuk persiapan kelulusan,” ujar Edy Kusmanto saat ditemui di Kudus, Kamis(12/10/2023).

Ada 3 kelas vokasi yang dibuka, yakni kelas desain grafis, tata boga, dan tata rias. Kelas diadakan setiap rabu dan kamis mulai pukul 13.00-15.30 WIB. Edy menyampaikan rencananya di tahun depan akan menambahkan satu lagi kelas vokasi, yaitu kelas kelas vokasi seni.

Komentar