TANAMKAN JIWA SOSIAL PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH KUDUS MELALUI ZAKAT FITRAH

Kudus-Semarak Ramadan terus digencarkan di SMA Muhammadiyah Kudus. Bulan suci Ramadan ini pintu kebaikan terbuka selebar-lebarnya dan umat muslim pada bulan ini diberi kesempatan untuk terus berbuat kebajikan tanpa henti. Banyak amalan-amalan agama yang hanya dapat dilakukan pada bulan penuh keberkahan, seperti salat tarawih, sahur, berbuka puasa, dsb. Amalan lain yang hanya dapat dilakukan di Bulan Ramadan adalah Zakat Fitrah. 

Zakat Fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim. Zakat Fitrah dilakukan pada bulan Ramadan hingga menjelang salat Idul Fitri. Hukum dari Zakat Fitrah adalah wajib bagi setiap umat muslim yang memenuhi kriteria merdeka(bukan budak/hamba sahaya). Zakat Fitrah yang dikeluarkan oleh muslim atau muslimin dapat berupa 2.5 kilogram bahan makanan pokok, seperti beras, gandum, roti, dll, atau uang dengan nilai tukar sebanding dengan 2.5 kilogram bahan makanan pokok.

SMA Muhammadiyah Kudus telah berhasil mengadakan kegiatan Pesantren Ramadan dan Bagi Takjil. Kini, SMA Muhammadiyah Kudus mengadakan kegiatan positif lain yakni Pembagian Zakat Fitrah. Zakat Fitrah yang dibagikan melalui SMA Muhammadiyah Kudus merupakan Zakat Fitrah yang terkumpul dari siswa serta tenaga pendidik dan staff. Dibawah komando Pak Fuad, Zakat Fitrah SMA Muhammadiyah Kudus dikoordinasi per kelas dengan arahan wali kelas.

Sebesar 411 Zakat Fitrah telah berhasil terkumpul dan selanjutnya akan disalurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima. Pihak yang menerima Zakat Fitrah dari SMA Muhammadiyah Kudus antara lain siswa-siswi SMA Muhammadiyah Kudus, guru dan karyawan SMA Muhammadiyah Kudus, tetangga sekolah, tetangga guru atau karyawan, beberapa alumni SMA Muhammadiyah Kudus, PC Aisyiyah Kaliwungu, beberapa anak panti asuhan Syamsyah dan panti asuhan Melati, tukang becak, beberapa pelatih Tapak Suci, dan beberapa keluarga karyawan yang pernah bekerja di SMA Muhammadiyah Kudus. 

Penyaluran Zakat Fitrah tersebut dilakukan secara bertahap. Penyaluran pertama ditujukan kepada siswa-siswi SMA Muhammadiyah Kudus dan dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2022. Penyaluran Zakat Fitrah kepada siswa-siswi dilakukan secara langsung di SMA Muhammadiyah Kudus dengan bantuan wali kelas masing-masing. Penyaluran Zakat Fitrah yang lainnya dilakukan secara terpisah melalui beberapa perwakilan SMA Muhammadiyah Kudus. 

Penyaluran Zakat Fitrah merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun khususnya pada Bulan Ramadan diadakan oleh SMA Muhammadiyah Kudus. Kegiatan Zakat Fitrah ini diharapkan dapat menanamkan jiwa sosial masyarakat kepada siswa-siswi SMA Muhammadiyah Kudus. Tidak hanya itu, kegiatan Zakat Fitrah tersebut merupakan praktik langsung dari materi ke-Islam-an. Dengan demikian, siswa-siswi SMA Muhammadiyah Kudus nanti jika sudah terjun dalam masyarakat tidak gagap mengenai Zakat Fitrah.

Kudus, 20 April 2022

Penulis : Itsna Nilam Salma Eldaus, S.Pd.

Komentar